Wagub Harapkan Dinas PDKP Fokuskan Bangun Tiga Kabupaten Terluar

Ambon, DemokrasiNews

Wakil Gubernur Maluku Drs. Z.Zahaburua,SH berharap Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PDKP) Provinsi Maluku dapat mengfokuskan programnya guna membangun  (tiga) kabupaten di provinsi Maluku yang berada di daerah terluar karena 3 (tiga) kabupaten  ini masih dirasa  tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Maluku, demikian Drs. Z.Zahaburua ketika membuka acara rapat kerja forum SKPD dinas PDKP Provinsi Maluku yang berlangsung di Marina Hotel Selasa (7/2/2017).

Menurutnya, 3 (tiga) kabupaten itu masing-masing Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB) dan  Kabupaten Aru.  Dari   berbagai segi 3 (tiga) kabupaten ini masih jauh dari apa yang diharapkan karena itu  harus mendapat perhatian khusus dari seluruh jajaran pemerintah provinsi Maluku untuk terus dibangun baik itu infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan baik laut, darat maupun udara,  bidang kesehatan, pendidikan termasuk perumahan, katanya.

“Saya tahu dinas ini merupakan dinas baru namun sumberdaya yang ada didalamnya merupakan orang-orang yang telah berpengalaman karena berasal dari Dinas PU karena itu saya berharap dapat mengfokuskan program-program kerja guna membagun  kabuopaten-kabupaten yang saya sebutkan tadi, agar dapat sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Maluku maupun di Indonesia, harapnya.

Selanjutnya Zahaburua katakan, berdasarkan   data Badan Pusat Statistik sesuai   Hasil Susenas Tahun 2015  menunjukkan bahwa provinsi Maluku memiliki rumah tak layak huni sebesar 27,4% . “Itu pertanda bahwa kita di maluku memiliki masalah sangat serius terkait dengan urusan penyediaan perunmahan dan kawasan permukiman yang layak sebagai suatu urusan wajib dan langsung terkait dengan pelayanan dasar yang diperintah oleh konstitusi negara ini”.

Pertanyaan sederhananya bagaimana strategi percepatan yang mesti diambil supaya presentase data itu dapat ditekan sebanyak mungkin dan dapat dilaksanakan dalam waktu sesegera mungkin. Pertanyaan ini menjadi catatan kritis sebab kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan negara dan masyarakat kepada kita semua mesti dijawab dengan bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak cepat yang merupakan trilogi Ke-Puan disertai dengan dedikasi, loyalitas dan akuntabilitas yang tinggi. Saudara-saudara dipercayakan untuk mengemban tugas yang sangat mulia bagi masyarakat banyak terutama masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Saya berharap forum ini dapat menghasilkan penyelarasan dalam penyusunan program dan rencana Kerja 2018 untuk diusulkan pada Musrembang provinsi maupun Musrembang nasional nantinya sehingga program-program kerja yang disusun merupakan kebutuhan masyarakat dan merupakan program-program prioritas sesuai dengan karateristik provinsi Maluku, demikian Zahaburua, (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *