Soplanit-Sapulette Terpilih Sebagai Ketua & Wakil Ketua Osis SMP.N 19-Ambon

Ambon, Berita Demokrasi Maluku.com

Sabtu (16/9/2017), SMPN.19 Ambon melangsungkan  pemilihan Ketua dan wakil Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Bertempat di ruang busana sekolah itu, dilangsungkan proses pemilihan  Ketua dan wakil ketua OSIS. Pembukaan dilakukan   oleh Kepsek SMPN. 19 Ambon Ny. CH. Berhitu, Spd. Pantauan Berita Demokrasi Maluku.com terlihat sejak pagi ruangan untuk pemilihan telah dipersiapkan oleh panitia pemilihan dibantu oleh pembina siswa di antaranya. Ibu A. Abarua,  pa Lainata dan sejumlah pembina lainnya. Kota-kota suara dipersiapkan, bilik pencoblosan dipersiapkan layaknya, pemilihan umum. Dalam sambutan pada acara pembukaan tersebut Kepsek Ny. Ch Berhitu mengemukakan, kegiatan pemilihan merupakan kegiatan yang tak asing lagi bagi semua komponen di SMPN, 19 Ambon karena sudah merupakan kali ketiga pelaksanaan seperti ini.

Osis merupakan organisasi para siswa, yang harus ada dilembaga pendidikan, baik di jenjang SLTP maupun SLTA. Sebagaimana tujuan Osis adalah :

meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwamemahami, menghargai

lingkungan  hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat, membangun

landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa,  membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis,  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual.Meningkat- kanke- sehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demikian Berhitu

Selanjutnya dikatakan, yang paling penting adalah bagaimana peran dari organisasi ini sebagai wadah dari wujud demokrastisasi.

“Jadi saat ini siswa mempraktekkan apa yang diajarkan guru-guru mereka lewat mata pelajaran terutama PPKN”.

Seorang pemimpin adalah orang yang bisa berkomunikasi dengan teman-temannya dengan baik, sopan, santun, juga sering mja dengikuti berbagai kegiatan tidak saja di dalam  sekolah tapi jiga di luar sekolah.

Semua siswa harus memilih berdasarkan hati nurani masing-masing tak boleh ada yang memaksa, dan semua siswa punya hak yang sama, demikian Berhitu.

Kami berharap siapapun yang terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab.

Selanjutnya Berhitu katakan, pemilihan ketua OSIS kali  ini sudah memlalui tahapan nya yakni mencari bakal calon di kelas-kelas masing-masing, di seleksi hingga 5 (lima) bakal calon yang kemudian para bakal calon menyampaikan visi-misi mereka.

Dari  24 bakal calon, ada yang mengundurkan diri menjadi 17 bakal calon yang kemudian dis eleksi menjadi 5 (lima) bakal calon yang menyampaikan visi-misi yang dinilai oleh para tim yakni guru-guru yang ditunjuk. Dari 5 (lima) ditapis menjadi 3 (tiga) yang hari ini dipilih.

Pantauan di tempat pemungutan suara, terlihat  para siswa menyampaikan aspirasinya dengan tertib,  masing-masing kelas masuk dan menentukan pilihannya tanpa dipaksa oleh siapapun. Keluar sebagai pemenang dari ketiga bakal calon adalahah : Chessa Soplanit sebagai Ketua dan Felix Elthon Sapulette sebagai wakil ketua. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *