Presiden Jokowi Buka Tanwir Muhammadiyah di Ambon

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Presiden RI Joko Widodo Jumat (24/2/2017) membuka Tanwir Muhammadiyah bertempat di gedung Islamic Centre Waihaong  Ambon,-Maluku. Tanwir yang adalah forum permusyawaratan tertinggi kedua dibawah muktamar ini berlangsung 24-26 Februari.

Pada awal sambutan PresidenRI JokoWidodo yang selalu ramah dengan rakyat ini menyampaikan rasa cintanya kepada masyarakat Maluku dan wargaMuhammadiyah. Menurutnya, di bulanFebruari ini beliau telah mendatangi Ambon sebanyak2  (dua) kali karena cinta Maluku dan cinta Muhammadiyah.

MenurutPresiden, “ada yang berbisik kepadanya dan mengatakan, di Muktamarkan sudah hadir, masa di Tanwir hadir juga”. “Saya bilang Saya mau hadir, saya mau datang”. Di Tanwir dan Muktamar hadir juga ngak apa-apa,” aku Presiden disambut tawa dan tepuk tanganhadirin.

Tanwir kali mengangkat tema ‘Kedaulatan dan Keadilan Sosial untuk Indonesia Berkemajuan”.Sebagai salah satu organisasi tertua di Indonesia, Muhammadiyah memiliki kiprah dan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan bangsa.

Dengan lebih dari empat ribu TK, lebih dua ribu SD/MI, ribuan SMP/MTs dan SMA/SMK, serta 1900 an perguruan tinggi, Muhammadiyah adalah sebuah kekuatan yang sangatbesar. Ini masih ditambah lagi dengan 2119 rumah sakit dan fasilitas kesehatan.Ditambah lagi dengan pesantren, panti asuhan dan panti jompo.

“Saya percaya misi Islam berkemajuan ini bisa menjadi kekuatan yang harus dijaga terus”.Kalau dijaga terus Kita akan dapat mewujudkan masyarakat yang tamaddun berdaulat dan berkeadilan,” ucapPresiden.

Kepada para peserta, Presiden mengucapkan selamat melaksanakanTanwir. Orang nomor  satu di Indonesia ini berharap Tanwir akan melahirkan gagasan kemajuan untuk mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial.

“Saya percaya ke depan Muhammadiyah akan semakin bekerja keras untuk mewujudkan. Islam berkemajuan dan tatanan NKRI yang baldatunthayyibatunwarobbunghafur,” harapnya.

Usai membukaTanwir, Presiden Joko Widodo didampingi MenagLukman Hakim Saifuddin dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan KlinikApung Said Tuhulele milik Lazis Muhammadiyah.

Sebelumnya, Haedar Nashir KetuaUmum PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa klinik apung itu nantinya akan beroperasi untuk memberikan layanan kesehatan antar pulau di Maluku. Kapal tersebut telah berlayar sejak 5 (lima) hari lalu dari Jakarta sampai Ambon untuk memberikan layanan klinik di kepulauan Maluku.

“Lewat kapal apung ini, Kami akan mengembangkan klinik apung di kepulauan Indonesia, khususnya Kawasan Indonesia  timur,” tandasnya.

Tanwir Muhammadiyah akan berlangsung hingga 26 Februari menghadirkan pengurus wilayah dan utusan organisasi otonom. Hadir dalam pembukaan Tanwir Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Ketua MPR, Ketua DPR, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mendikbud, Panglima TNI, Kapolri, Ketua OJK, Mantan Gubernjr Maluku Karel Albert Ralahalu, Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa, Penjabat Wallikota Ambon Drs. F. Papilaya,Msi, para pimpinan SKPD dilingkup pemerintah provinsi Maluku dan Kota Ambon, pimpinan instansi swasta, BUMD-BUMN di Kota Ambon, pimpinan OKP dan ribuan warga Muhammadiyah

Usai membuka Tanwir dan mengresmikan klinik apung presiden Joko Widodo menuju gedung Kristiani Centre di kawasan UKIM, Tanah Lapang Kecil, Ambon guna menerima Penganugerahan Gelar Adat Kehormatan ”Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po DeyoRoutnyaHnulho Maluku” olehKetuaMajelisLatupatiProvinsi Maluku, yang dilanjutkan dengan

Selepas salat Jumat di masjid Raya Alfatah Ambon. Istirahat makan kemudian presiden Jokowi akan menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara Tantui untuk meninjau Kapal Bahtera Seva III Teras BRI, sebagai agenda terakhir. Sore harinya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melanjutkan Kunjungan Kerjanya ke Provinsi Bali.(D-02)

 

 

 

One thought on “Presiden Jokowi Buka Tanwir Muhammadiyah di Ambon”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *