PNBP Sektor Kehutanan Maluku Tahun 2018 Lampaui Target

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Sektor Kehutanan Provinsi Maluku pada tahun 2018 lampaui target, dari  113 miliar rupiah  terealisir  sebesar 124 miliar rupiah atau 109,6%, demikian Kepala Dinas Kehutanan  Provinsi Maluku Ir. Sadlie Ie, Msi kepada wartawan Usai  membuka kegiatan Rekonsiliasi PNBP  Sektor Kehutanan Provinsi Maluku Kamis (04/03/2019) yang berlangsung di Hotel Golden Palace Soya Kecil Ambon – Maluku.

Pada tahun 2019  PNBP ditargetkan  sebesar 122, 2 miliar rupiah,  dia  yakin akan mencapai target yang telah ditentukan,  kalau boleh dapat melebihi target seperti tahun ini. “Dalam arahan tadi  sudah disampaikan,   agar semua aparatur dapat bekerja maksimal guna   mencapai target-target yang telah dtentukan. “demikian Kadis

Menurutnya, rekonsiliasi penerimaan negara bukan pajak yang digelar  antara  wajib bayar   dengan dinas  Kehutanan Provinsi Maluku   merupakan  implementasi penjabaran Peraturan Menteri   Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor  P. 71/ Men LHK/ Setjen/HPL.3/8/2016 tentang tata cara penerimaan, pemungutan dan penyetoran Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH), Dana Reboisasi  (DR), Sumber Daya Hutan  (SDH), ganti rugi tegakan dan Sumber Daya Alam (SDA).

“Jadi hari ini mencocokkan data antara wajib bayar dengan dinas kehutanan untuk dikirim ke kementrian guna mendapatkan dana bagi hasil sektor kehutanan untuk  daerah”.

Para wajib bayar memiliki  Ijin   Usaha  Pemanfaatan Kayu (IUPK), Ijin Pemnafaatan Kayu (IPK),  Hutan Tanaman Industri (HTI) dan  Pengusahaan Hak Atas Tanah.

Sistim pembayarannya sudah  diatur,  dimana para wajib bayar membayar kewajibannya langsung ke rekening negara , kata jebolan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian  Universitas Pattimura  Ambon

Setiap 3 (tiga) bulan  dilakukan rekonsiliasi, tahun ini merupakan rekonsiliasi tahap awal. dan akan dilakukan sampai dengan akhir tahun. pesertanya sebanyak 30 orang yang terdiri dari wajib bayar dan Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Lingkungan Dinas  Kehutanan Provinsi Maluku . (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *