Peringati Hari Kanker Sedunia , IDI kota Ambon Gelar 3 Kegiatan

Ambon – Demokrasi Maluku . Dalam rangka memperingati Hari Kanker sedunia yang jatuh pada 4 Februari lalu ,   Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kota Ambon menggelar  tiga  kegiatan,  yakni  Lomba pidato tingkat SMA/SMK ,Seminar  tentang bahaya  kanker serta Pemeriksaan kanker mulut rahim (IVA) dan kanker payudara.      

Untuk lomba pidato  digelar  di ruang rapat lt II Pemkot Ambon,  Jumat (24/2), sementara kegiatan  seminar tentang kanker dan pemeriksaan kesehatan  akan berlansung keesokan harinya  Sabtu (25/2) di ruang pertemuan  lt 7 kantor  Pemprov Maluku. 

Ketua panitia  dr Winny Leiwakabessy    M.Kes  SPPA yang ditemui di sela – sela perhelatan lomba pidato  mengungkapkan, kegiatan  lomba dimaksud  agar anak -anak  dapat mengetahui  sejak dini tentang  bahaya kanker  dan cara mencegahnya,  pasalya menurut  ahli  patologi anatomi ini ,sebagian besar  pasien  kanker yang  datang berobat ke Rumah Sakit  kankernya sudah  di  stadium lanjut.

Ditambahkannya , jika pasien  kanker stadiumya  telah memasuki tingkat lanjut maka angka keberhasilan sembuh    sangat rendah,  jika dibandingkan  dengan pasien yang stadium  kankernya telah terdeteksi  sejak dini “kalau kankernya  sudah masuk ke stadium  lanjut   sudah susah untuk disembuhkan , karena yang  dapat Kita  upayakan adalah hanya sebatas mengobati dan  dan mengurangi  apa yang  penderita rasakan saja , jadi hanya untuk  mempertahankan   kualitas hidupnya  saja “pungkas Leiwakabesy.

Menurut Leiwakabessy, salah satu cara untuk menghindarkan diri   kanker  adalah menerapkan  gaya  hidup sehat, kalau hal ini diterapkan oleh  masyarakat  maka  mereka  bukan hanya terhindar dari  serangan kanker saja, tetapi juga  bebas dari penyakit hipertensi , diabetes, penyakit jantung dan ginjal  serta penyakit hati .

 “Untuk pola makan yangsehat,  Saya  sarankan lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah,    selain  itu hindari penggunaan minyak goreng yang  yang dipakai lebih dari sekali,  karena  minyak  goreng tersebut  akan   susah dicerna oleh tubuh sehingga  tertimbun di hati, masyarakat juga diminta untuk menghindari  bahan makanan yang saat dibakar  , terlanjur   hangus, karena bahan  tersebut  telah   mengandung karsinogen  ,zat pemicu  kanker”  kunci Leiwakabessy .              

Sementara untuk  hasil lomba pidato tingkat SMA/ SMK  yang mengusung tema  “hidup sehat hindari kanker “ tim dewan juri yang dipimpin oleh  Dr Roberth Chandra MKes menetapkan  Juara I Nathania. M. Mustamu (SMK Maluku Husada ) dengan mengantong nilai  902 . Juara II Syahril  (SMA Siwalima) nilai 891 Juara  III Rein. Lesilolo,nilai 890 , untuk juara harapan I, II dan III, masing –masing Joseph. Titiloloby(886),Cantika. A. Soplanit(881) dan Deddy. R. Tuaritta(873)(D -3) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *