Pelepasan Balon & Pukulan Tifa Pertanda Pameran HPN 2017 Dibuka

Ambon, Demokrasi Maluku

Senin (6/2/2017) Pameran Hari Pers Nasional (HPN) dan Maluku  Expo 2017 dibuka oleh Wakil Ggubernur Maluku   Zeth. Zahaburua,SH    di lapangan Merdeka Ambon.

Pembukaan pameran HPN dan Maluku Expo 2017 berlangsung meriah diwarnai dengan tari-tarian dari daerah Tanimbar, Maluku Tenggara Barat (MTB). Hadir pula dalam acara itu  Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Pusat Hendry Ch Bangun, Kapolda Maluku Brigjen Ilham Salahudin, dan Penjabat Walikota Ambon Frans Johanes Papilaya.

Pada awal sambutannya  Wagub mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pameran di Kota Ambon. Kegiatan ini, menurutnya, sangat penting karena di era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan kompetisi saat ini, iklim dunia usaha harus sesuai dengan standar internasional agar tidak tertinggal.

Kehadiran dunia usaha di pameran HPN dan Maluku Expo 2017 diharapkan dapat meningkatkan kualitas produksi dan pemasaran produk-produk unggulan daerah Maluku.

“Melalui pameran ini kita harapkan dapat meningkatkan pangsa pasar untuk go international,” kata Wagub.

Agub optimis kegiatan ini dapat mewujudkan tujuan baik tersebut karena pada pameran kali ini, dunia usaha berkolaborasi langsung dengan dunia pers yang juga ikut ambil bagian menjadi peserta pameran. Peluang bisnis di Maluku dan produk-produk industri kreatif serta sektor andalan Maluku yakni kelautan dapat ditulis dan dipromosikan oleh insan pers yang hadir di HPN 2017.

“Ini semua kesempatan yang baik dengan adanya pertemuan dunia usaha dan insan pers. Peluang bisnis Maluku dapat berkembang luas. Produk yang ada dapat dipromosikan oleh pers,” kata Wagub lagi.

Selanjutnya  Wagub berharap agar melalui perhelatan pameran HPN dan Maluku Expo hingga menginjak acara puncak HPN 2017 nanti pers dapat terus mendorong potensi-potensi yang dimiliki oleh Maluku agar nantinya ada hasil yang konkret untuk kemajuan Maluku. Wagub mengatakan rakyat Maluku melalui HPN 2017 ini sangat berharap agar Presiden Jokowi mencanangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

“Kami berharap HPN 2017 menghasilkan keputusan penting yakni status lumbung ikan nasional oleh Presiden Jokowi,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan kembali HPN 2017 menjadi momentum yang besar bagi rakyat Maluku. Ada banyak tamu-tamu penting, baik nasional maupun internasional yang hadir di Ambon. Tak kurang dari 3.000 orang akan memadati Kota Ambon selama perhelatan HPN 2017. Animo yang begitu besar ini akan menjadi berkah bagi Maluku di kemudian hari karena akan banyak potensi-potensi Maluku yang terangkat, ditulis, dan dikabarkan.

“HPN 2017 akan memberikan efek yang besar bagi Maluku. PWI berkeinginan agar Maluku berdiri sejajar dengan provinsi-provinsi lain. Maluku sangat penting bagi PWI Pusat, karenanya kami lebih memilih Maluku sebagai tuan rumah HPN dibandingkan calon-calon lainnya,” kata Hendry.

Pameran HPN dan Maluku Expo 2017 diikuti oleh 128 stand yang memamerkan produk-produk nasional, kerajinan tangan, dan juga hasil industri kreatif lainnya. Media massa cetak dan elektronik juga ikut mendirikan stand di pameran yang akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 9 Februari  2017 ini.

Pembukaan pameran HPN dan Maluku Expo 2017 dibuka secara resmi oleh Wagub Maluku ditandai dengan pemukulan tifa,  dan pelepasan balon ke udara oleh  Wagub yang didampingi oleh Sekjen PWI Pusat. Diakhir  acara dilakukan penandatangan serta peluncuran buku berjudul Bersatu Manggurebe Maju yang ditulis oleh para wartawan asli tanah Maluku.

Usai membuka Wagub, Sekjen  PWI,  Kapolda Maluku, Penjabat Walikota Ambon mengunjungi stand-stand yang ada. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *