Ini Strategi SMPN6 Untuk Dongkrak Prestasi Siswa

Ambon – Demokrasi Maluku Menjelang perhelatan Ujian Nasional yang akan dilangsungkan   pada  Selasa (2/5) mendatang,   sejumlah sekolah  dikota  Ambon  telah mempersiapkan siswanya  semaksimal  mungkin ,  tak ketinggalan juga SMPN6 Ambon yang berlokasi di kawasan Tanah Tinggi.

Kepala Sekolah SMP N 6 Ambon, Jantje  S.R Mahulette M. M Pd. yang ditemui di ruang kerjannya pada  Jumat (28/4) mengungkapkan, sejumlah persiapan yang dilakukan sekolahnya dimulai sejak  bulan November  2016  lewat  belajar tambahan menggunakan  materi esensial  dari  kelas VII,VIII dan IX. “sehingga anak- anak bisa menguasai materinya dengan baik, ” cetus Mahulette.

Ditambahkan  Mahulette , materi yang diberikan para guru untuk les tambahan itu, juga  sudah disesuaikan dengan kisi-kisi soal Ujian Nasional, selain itu  para siswa yang akan  mengikuti  Ujian Nasional telah  dibiasakan dengan latihan soal soal Ujian Nasional,  lewat  Try Out yang d sudah dilaksanakan dari bualan Januari,   Februari dan Maret.

Sementara untuk ujian,    peserta Ujian  SMPN6  telah mengikuti    Ujian Sekolah berstandar  Nasional baik berbasis kertas maupun Komputer.

Disingung  soal   evaluasi terhadap  hasil ujian yang ditorehkan siswa, Mahulette mengakui saat menggelar try out yang pertama  dan kedua kali   hasilnya belum maksimal.

“Kalau dalam ujian pertama hasilnya masih  5,5 namun  dengan perbaikan- perbaikan, sekarang angkanya  sudah bergerak naik, ”urainya

Secara gamblang,   Ketua MKKS Kota Ambon ini membeberkan kiat sekolahnya untuk menaikan  prestasi siswa dalam ujian, yakni setelah ujian selesai  dilaksanakan,  nomor- nomor soal kemudian dievaluasi, nomor soal yang materinya tidak dapat dijawab oleh siswa, bahannya kemudian akan mendapat perhatian   oleh   guru mata  pelajaran untuk dibahas kembali  kepada para siswa di kelas masing –masing.

“Setelah dievaluasi, maka  dengan materi dan soal yang sama,   akan kembali   diujikan kepada  siswa, ternyata  hasil tesnya   mengalami   peningkatan yang signifikan ” ujar  Mahulette Optimis

Untuk    perhelatan Ujian Nasional di tahun ini,  SMPN6 akan menyertakan 412 siswa  yang akan mengikuti Ujian  Nasional  yang berbasis kertas,  maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK).

Untuk UNBK sendiri, Salah satu SMP favorit di kota Ambon  itu  telah memiliki 138  unit Komputer.

Selain itu. persoalan dukungan listrik dan perangkat   internet sudah  bisa teratasi , karena PT PLN juga akan menyediakan  mesin genset  di sekolah tersebut.(D-3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *