Ini Hasil Rapat Pleno KPU Kota Ambon.

Ambon,DemokrasiMaluku KPU Kota Ambon Kamis (23/2/2017) menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penyampaian hasil Pilkada 15 Februari 2017 bertempat di aula Kantor KPUD Maluku Tantui Ambon. Pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama didampingi 4 (empat) komisioner lainnya.

Dari rekapitulasi yang disampaikan terlihat Paparisa  Baru unggul pada 4 (empat) kecamatan masing-masing : kecamatan Teluk Ambon, kecamatan Baguala, kecamatan Sirimau dan kecamatan Nusaniwe sementara kecamatan Leitimur Selatan di menangkan oleh pasangan Drs. Paulus Kastanya, Msi-M.A.S. Latuconsina,ST.MT.

Pleno berjalan lancar dan aman dengan dikawal oleh aparat kepolisian. Tak banyak keberatan yang disampaikan oleh masing-masing saksi kandidat. Hanya saja saksi           Pantas mempertanyakan 24.000 undangan yang tak terdistribusi kepada pemilih membuat sejumlah pemilih tak dapat menggunakan hak suaranya pada 15 Februari  lalu. “ Kami tak mempersoalkan hasil yang diperoleh karena itu menjadi bagian tersendiri namun yang kami pertanyakan adalah, mengapa bisa terjadi 24.000 undangan tak terdistribusi kepada pemilih, juga kelebihan suara sah tak sesuai dengan pemilih yang datang mencoblos baik pemilih yang ada didaftar pemilih tambahan maupun yang terdaftar sebagai pemilih pada daftar pemilih tetap, seperti yang terjadi di beberapa TPS di desa Batu Merah . Adapun perolehan suara masing-masing kandidat sebagai berikut : Kecamatan Teluk Ambon Paparisa memperoleh suara : 9.930, Pantas 7.916, Kecamatan Baguala : 12.456, Pantas 11.134, Nusaniwe ; Paparisa 23.298. Pantas  20.819. Sirimau 34.524 untuk Paparisa dan Pantas memperoleh suara 26.079, sedangkan Leitisel dimenangkan oleh Pasangan Pantas dengan perolehan suara 2.696 Paparisa, Pantas 2.731. Penyampaian hasil rekapitulasi kecamatan disampaikan oleh masing-masing PPK.berdasarkan hasil pleno ditingkat kecamatan. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *