Hari Kartini : PKK Maluku Nonton Bareng Film Kartini

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Peringatan Hari Kartini ke-138 21 April tahun 2017 diisi oleh berbagai kegiatan oleh organisasi perempuan di Provinsi Maluku. PKK Provinsi Maluku pada puncak peringatan Hari Kartini Jumat (21/4/201`7) melakukan nonton bareng bersama Ketua dengan berbagai oganisasi perempuan di kota Ambon berlangsung distudio 1 Gedung Film di kompleks ACC Ambon.

Kepada sejumlah wartawan usai nonton bareng Pembina Organisasi perempuan Maluku Ny. Retty Assagaf mengemukakan, bahwa berbagai kegiatan dalam rangkaian Hari Kartini telah digelar diantaranya lomba Goyang Tobelo, pemeriksaan

dan deteksi dini kanker serviks  yang digelar di Puskemas Rijali  pagi tadi dan baru saja nonton bareng film Kartini.

 Dalam tontonan tadi terlihat bahwa sekalipun Kartini akhirnya mengikuti kehendak orang tuanya  untuk menikah dengan bupati Rembang namun 4 (empat) syarat yang diajukan Kartini akhirnya dikabulakn orang tuanya,  salah satu yakni  membangun sekolah kepada calon suaminya akhirnya dikabulkan.

 Dengan demikian apa yang menjadi cita-cita Kartini mengangkat ketertinggalan kaum perempuan di zaman itu akhirnya bisa diwujudkan.

Terlihat dengan jelas bahwa   perempuan Jawa pada zaman itu hanya dilahirkan untuk  menikah,   mengurus anak dan mengabdi kepada suami bahkan rela suaminya harus punya istri lebih dari satu.

“Kegigihan Kartini  patut di dicontohi oleh kaum poerempuan Maluku  khususnya dan Indonesia umumnya,  harus memperjuangan hak-hak  pertempuan tanpa takut kepada tekanan apapun.

Selanjutnya Retty katakan, “terkait  kegiatan di puskesmas Rijali pagi tadi yakni deteksi dini terhadap kanker serviks, diharapkan semua perempuan di Maluku mau memeriksakan diri ke puskesmas ataupun ke rumah-rumah sakit agar dapat mencegah terjadinya kanker serviks”. Jangan sehan-segan apalagi takut karena dengan memeriksakan diri dapat dideteksi adanya kanker dalam tubuh, demikian Retty. (D-02)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *