GUS SOLAH : KEADILAN PONDASI UTAMA KERUKUNAN

Ambon, Berita Demokrasi Maluku-Pembina Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Dr. Ir. K.H Salahuddin Wahid (Gus Solah) dalam kunjungan ke Ambon dalam rangka peletakan  ok  pertama Pembangunan Pondok Pesantren Cabang Ambon sempat  menyambangi keluarga besar Kementerian Agama Maluku, tokoh-tokoh agama beserta organisasi keagamaan.

Kunjungan Gus Solah di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, Selasa (4/4/2017) selain sebagai ajang silaturahmi juga menjadi langkah persuasif dalam memberikan pesan tentang bagaimana cara membangun kerukunan di Maluku

Gus Solah ketika menyampaikan sambutan pada acara silaturahmi tersebut mengatakan,   keadilan merupakan pondasi utama membangun kerukunan ditengah keberagaman umat.

Menurutnya, tanpa keadilan maka membangun  kerukunan akan menjadi karya fiktif belaka. Seperti hukum, tanpa keadilan hanya akan menyisakan bahasa tajam ke atas tumpul ke bawah.

Gus Solah mencontohkan Timur Tengah yang saat ini menjadi ladang konflik. Meskipun anggapan bahwa Amerika dalang dibalik peristiwa tragis tanpa pengampunan itu, kerukunan sulit terjalin di sana.

“Ini akibat keadilan sudah hilang dari hati manusia,” jelas Gus Solah.

Adik kandung dari Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menyarankan konsep keadilan harus bisa bersenyawa dengan konsep kerukunan.

Sebab, sangat mudah nenciptakan konflik tapi sulit membangun kerukunan. Nilai sama rata untuk memberlakukan semua sama tanpa pandang bulu harus berangkat dari rasa saling menghargai antar sesama.

“Intinya keadilan sebagai kuncinya kalau ingin kerukunan bisa berdiri kokoh ditengah perbedaan yang membatasi,” tegas Gus Solah.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd beserta seluruh satker di lingkungan Kementerian Agama Maluku.

Gus Solah akan melanjutkan kunjungannya dengan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Tebu Ireng Cabang Ambon di Air Kuning Ambon (5/4/2017) dan akan mencanangkan pesantren Menabung di aula MCM Ambon (D-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *