Dinas Kominfo Maluku Gelar Sosialisasi IT Security

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Maluku Rabu (20/03/2019) menggelar Sosialisasi  IT Security dan Assesment bagi ASN dilingkup pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah kabupaten/kota se Maluku dengan total peserta 50 orang.Selama dua hari,
berlangsung di aula Dinas Kominfo Provinsi Maluku Perigi Lima Ambon.
Acara sosialisasi dibuka oleh Kadis Kominfo Maluku dr. F. Koedoboen mewakili Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Maluku  Drs. Hamin Bin Thahir.
Tujuan sosialisasi ini adalah : memperoleh pemahaman atas pentingnya IT Security dan assesment pada setiap organisasi perangkat daerah terkhusus pada aktivitas sehari-hari sebagai pengelola web di instansi masing-masing.
 PLH Gubernur Maluku dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Maluku di katakan,

“Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Saya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini,  guna menambah wawasan dan pengalaman dalam menangkal penyalahgunaan media sosial sosial oleh para hacker yang tidak tertanggungjawab”.

Dengan perkembangan teknologi digitalisasi, domain website.go.id menjadi favorit para hacker untuk menunjukan kemampuannya dalam menjebol sistem keamanan suatu aplikasi berbasis web.

Hal ini dengan mudah dilihat di web www.defacer.id sebagai tempat para hacker berusaha untuk menyerang data digital diberbagai bidang. Dengan tingginya resiko serangan Siber, Pemerintah Daerah  Provinsi Maluku tetap mendorong serta memberikan perhatian serius kepada-Badan Siber Mduku terhadap  resiko yang ditimbulkan oleh «ranger. para hacker melalui siber ini.

Mengingat banyaknya sorotan dan menjadi target dalam serangan siber yang terjadi kapan saja.  bahkan mungkin data digital pemerintah menjadi targetnya.  yang mengakibatkan reputasi pemerintah menjadi buruk, melalui kegiatan sosiaIisasi ini ” Saya berharap kerja sama antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan instansi pemerintah yang bergerak di bidang pengamanan informasi untuk melakukan Sosialisasi IT Security dan Assesment pada aplikasi yang di miliki OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku”.

Seiring dengan makin majunya teknologi,  maka semakin maju cara hacker untuk menyerang data digital. Resiko  serangan siber sangat berbahaya bagi kenyamanan penggunaan data. Oleh karena itu, panting menganalisis seberapa jauh kerentanan dan ketahanan infrastruktur maupun apIikasi yang dimiliki terhadap serangan dari luar. salah satu cara identifukasi dan prevensi baik adalah dengan melakukan kegiatan assessment.

Untuk mencegah serangan siber yang semakin pesat perkembangannya perlu dilakukan assessment oleh pihak-pihak yang diberikan kewenangan oleh Negara untuk menangkal laju perkembangan kejahatan yang dilakukan oleh para hacker yang tidak tertanggung jawab, mungkin digambarkan dalam sebuah pepatah “semakin besar pohon, semakin kuat pula angin untuk menerpanya ”.

Teknologi bukan hanya tentang bagaimana perangkat lunak atau perangkat keras bisa mengolah data yang akurat namun keamanan data data itupun menjadi perhitungan tersendiri dengan semakin berkembangnya era digital dan teknologi saat ini serta semakin besar juga resiko dan bahaya akan kejahatan siber. Untuk itu, dengan berkembangnya berbagai teknologi dan digitalisasi ini dibutuhkan sebuah solusi sekuritas yang dapat melindungi seluruh data yang dimiliki, demikian Hamin. (D-02) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *