Dilantik DPD KNPI Maluku Periode 2016-2019

Ambon, Berita-DemokrasiMaluku

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku periode 2016-2019. Pelantikan dilakukan oleh Ketua OKK DPP KNPI Ahmad Fauzan tentang Susunan Komposisi Pengurus DPD KNPI Maluku bertempat dilantai VII Kantor Gubernur Maluku Jumat (10/3-2017). Pelantikan didasarkan pada SK DPP KNPI Nomor : Skep 33/DPP-KNPI/VIII/2016 tertanggal 5 Agustus 2016. Gubernur Maluku dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Maluku Hamin Bin Tahir   mengucapkan  selamat dan sukses atas pelantikan  kepengurusan KNPI 2016-2019

Menurutnya,  pelantikan ini tentunya menjadi momentum strategis bagi organisasi KNPI, untuk menunjukkan dan membuktikan eksistensi, serta perannya, sebagai organisasi kepemudaan, yang mampu menyatukan, menggerakkan dan memajukan generasi muda Maluku.

Dikatakan, pemerintah Provinsi Maluku terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat Maluku, melalui perwujudan Visi pembangunan Provinsi Maluku 2014 – 2019, yaitu mantapnya pembangunan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas dan demokratis dijiwai semangat Siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

Mencermati hal tersebut, pemuda Maluku harus berperan sebagai pionir-pionir kemajuan daerah, yang senantiasa harus memiliki jiwa intelektual dalam berpikir dan juga berpihak kepada kepentingan rakyat, melalui program dan kegiatan pembinaan generasi muda yang konstruktif, terpadu dan terarah.

“Pemuda Maluku sebaiknya tidak terlibat pada kegiatan-kegiatan yang bersifat Lip Service semata, hura-hura atau rame-rame menjelang pelantikan pengurus, Musda, Kongres dan lain sebagainya, yang dapat ditafsirkan orang sebagai upaya tidak produktif, serta untuk mencari keuntungan semata,” kata dia

Oleh karena itu, pengurus  KNPI, dapat melakukan komunikasi dan koordinasi, serta membangun kemitraan yang intensif, bersama seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini.

“Termasuk mencari, menemukan dan memberikan ide-ide solutif, sebagai alternatif pemecahan berbagai permasalahan kemasyarakatan dan pembangunan, dengan tetap menjaga sikap kritis dan kontrol atas sesuatu yang dianggap menyimpang, serta mengutamakan dan memperhatikan konsep demokrasi, desentralisasi, serta dinamika perkembangan global masa kini”.

Selanjutnya gubernur berharap agar pengurus KNPI yang baru dilantik saat ini, dapat melakukan langkah-langkah konstruktif, dan komunikatif untuk menyatukan seluruh elemen pemuda yang ada di Maluku.

Dia  mengingatkan dualisme yang terjadi dalam kepengurusan KNPI selama ini, hendaknya dapat disatukan, sehingga dapat membentuk kekuatan pemuda, yang dapat diandalkan bagi pembangunan Maluku ke depan.

Pada kesempatan itu Ketua DPD KNPI Maluku  terpilih Subhan Pattimahu dalam sambutannya mengatakan,  melihat pentingnya peran pemuda dalam suatu negara dimana pemuda punya kontribusi positif dalam pembangunan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah bagaimana menciptakan pemuda yang cema rdas, kreatif, inovatif   guna membangun bangsa dan negara. “Bagi kita pemuda Maluku dengan pelantikan ini kita dituntut memainkan peran bersama pemerintah membawa  Maluku keluar dari kemiskinan”. Dengan  sumber daya alam Maluku yang berlimpah, marIlah kita bangkit, mengangkat Maluku dari keterpurukan, katanya.

Pada akhir sambutannya Pattimahu meminta pemuda Maluku untuk tetap mengawal NKRI karena akhir-akhir ini isu mengoyang NKRI dan pemerintah yang sah menjadi isu nasional“Yach NKRI harga mati karena itu mari kita kawal bers ama dan kita lawan orang-orang ataupun kelomok yang ingin memisahkan dirI dari NKRI, “tegas nya.(D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *