Dari Musda Demokrat Maluku 2017

Fatlolon Didukung SBY, Pattiasina di Dukung  DPC

Ambon, Berita Demokrasi

Tanggal 19 Mei 2017 bakal digelar Mus syawarah Daerah (Musda) Demokrat Maluku dengan salah satu agendanya adalah memilih Ketua DPD Demokrat Maluku. Ada 2 (dua) calon yang mengemuka dan siap mencalonkan diri untuk menjadi Ketua DPD Demokrat Maluku periode 2017-2022, yakni Petrus Fatlalon bupati terpilih  MTB dan Roy Pattiasina yang saat ini menjadi Sekretaris DPD Demokrat Maluku.

Petrus Fatlalon ketika dikonfirmasi terkait kemantapan dirinya maju menjadi Ketua DPD Demokrat Maluku menyatakan,  dirinya siap maju  menjadi Ketua DPD Demokrat Maluku kalau didukung oleh DPC-DPC secara aklamasi, demikian keterangan Fatlolon kepada sejumlah wartawan usai melakukan rapat terkait koordinasi pelantikan bupati/walikota tanggal (22/5/2016) dilantai 6 (enam) kantor gubernur Maluku

Ketika disinggung bahwa dirinya didukung oleh Ketum DPP Demokrat Susilo Bambang  Yudoyono Fatlalon mengatakan, ada hal yang perlu dibicarakan dan ada juga yang tidak, “kalau ibarat rumah maka ada hal yang saya bicarakan dikamar tak boleh dicampurkan dengan pembicaraan yang  harus dibicarakan di ruang tamu”.

Ketika salah seorang wartawan bertanya sebaliknya   dengan mengatakan bahwa anda tak  didukung SBY,  lagi-lagi  secara politis Fatlolon menjawab, “ tadi saya telah katakan bahwa hal yang dibicarakan dikamar tak boleh dibicarakan di ruang tamu”. “Saya saat ini lebih mengfokuskan diri pada pelantikan tanggal 22 nanti, sambil tersenyum Fatlalon menyudahi wawancaranya.

Sekalipun Fatlalon berupaya menutupi hasil pembicaraannya dengan SBY namun beberapa waktu yang lalu Fatlalon sempat mengatakan ke slah satu media di Maluku bahwa dia telah berbicara dikediaman SBY,  dimana SBY memintanya untuk menjadi Ketua DPD Demokrat Maluku bahkan ketika pembicaraan itu berlangsung ada juga slah satu wakil Ketua DPP Maickel Wattimena.

Pada kesempatan terpisah Roy Elwen Pattiasina Sekretaris DPD Demokrast Maluku yang ditemui dikediaman Melky Frans di kawasan Gunung Nona (16/5/2017) malam mengemukakan, bahwa dirinya akan maju dalam Musda tanggal 19/5/2017. “Yach saya maju karena saya mendapat dukungan dari DPC-DPC, tanpa merinci berapa DPC yang mendukungnya”.

Selain saya, Pa Petrus Fatlolon juga maju, sepertinya kami berdua tapi yang lebih jelas tanyakan ke Stearing  Comite, pa Jhon Lefmanut karena mereka lebih mengetahuinya.

Pada kesempatan terpisah Melkias Frans Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Musda mengemukakan, kalau jumlah calon saat ini ada 2 (dua) orang yakni Pa Roy Pattiasina dan Pa Petrus Fatlalon. Tapi soal dukungan dari DPC ataupun Ketum ke siapa  saya belum mengetahuinya. Soal kriteria dan aturan terkait mekanisme pencalonan bukan wewenang saya untuk mengatakan itu karena saya hanya panitia pelaksana yang mengatur hal-hal terkait penyelengaraan Musda,

Ketika ditanya apa ada Tatib yang mengatur kriteria seorang calon ketua agar dapat  lolos, Melky Frans katakan mekanisme di Demokrat saat ini telah berbeda,  dimana ada dukungan tertulis.

Ketika di desak minimal berapa DPC mendukung seorang  calon untuk menjadi caloon ataupun Ketua DPD  Frans katakan, , kalau itu bukan  tugasnya, itu tugas Stearing Comite, jadi nanti tanyakan ke stearing komite saja yach sambil menyudahi wawancaranya. (D-02)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *