Danau Rana Menyapa Dunia

Ambon, Berita  Demokrasi Maluku

Danau Rana  merupakan Danau terbesar di Maluku, berada di ketingian  700 meter  diatas  permukaan laut, berjarak 62  Km dari Kota Namlea bakal dijadikan dstinasi wisata di Pulau Buru.

Untuk sampai ke Danau dengan pemandangan indah dan belum terjamah tersebut dapat dilewati melalui jalur laut   yakni menggunakan speedboot dengan perjalanan kurang lebih 5 (lima) jam ke desa Leksula kemudian dengan mobil dumptruk ke desa Tifu kemudian  berjalan kaki lurang  lebih 6 jam  ke pusat danau. Jalur yang lain yaitu dari jalur Barat, menggunakan mobil dari Namlea ke desa Wamlana kecamatan Air Buaya sepanjang  80 Km atau kurang lebih 1.5 jam, dan menumpang dumptruck miliki salah satu perusahaan kayu putih kurang lebih 43 Km ke pusat Danau.

Bupati Kabupaten Buru Ramly Umasugy, Spi, Msi di sela-sela Hut ke-18 Kabupaten Buru  Kamis (12/10/2017) mengemukakan, dalam tahun ini pemerintah kabupaten Buru telah membangun jalan sepanjang . 32 Km Hotmix guna membuka keterisolasian Danau Rana dan akan ditambah lagi pada tahun depan  hingga mencapai pusat Danau

“Yach dalam tahun depan akan ditambah lagi  hingga mencapai Danau Rana. Selain pembanguna jalan juga akan dibangun  berbagai fasilitas lainnya seperti : penginapan atau semacamnya, sarana air bersih, MCK  guna menunjang Danau  menjadi destinasi menarik bagi wisatawan”.

Kami berharap dengan fasilitas yang akan dibangun nanti, akan menarik sejumlam wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi danau Rana, sesuai dengan slogan kami Danau Rana Menyapa Dunia.

Selanjutnya dikatakan, di sekitar Danau berdiam penduduk asli Pulau Buru, dimana selama ini mereka tetap menjaga keaslian danau dengan sebaik-baiknya, demikian Umasugy. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *