Bentuk Tim Yongap Atasi Kesemrawutan Gunung Botak

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Dr. Justinus Male Salah satu Dosen Fak Mipa Unpatti meminta kepada pemerintah provinsi Maluku ataupun pemerintah pusat untuk membentuk tim Yonif Gabungan (Yongab) TNI-Polri dari luar Maluku yang tak terkontaminasi apapun dengan permasalahan Gunung Botak.

“Yach saya meminta pemerintah untuk melakukan ini,  kalau mau anak cucu Maluku terutama yang ada di wilayah kabupaten Buru, Kota Ambon dan Seram Bagian Barat  tidak menerima akibat tercemarnya mercury digunung botak , tyang sudah sampai pada manusia, demikian Prof Male kepada sejumlah wartawan usai melakukan konfrensi pers  Dinas ESDM, Dinas Lingkungan Hidup (7/8/2018) di ruang rapat lantai II kantor gubernur Maluku.

Sampel saya di desa Kayeli sudah ditemukan pada rambut manusia yang dijadikan sampel penelitian saya, kalau mau generasi kita selamat yach, pemerintah jangan tinggal diam, demikian Male.

Sebagaimana dikertahui beberapa waktu  sejumlah hewan di sekitar sungai anahony ditemukan mati karena meminum air di sungai tersebut,  akibat penambangan liar dengan menggunakan merkuri yang tak terkontrol.  (D-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *