Bappeda Maluku Gelar Kampanye Penyadaran Publik FMSRB

Ambon, Berita Demokrasi   Maluku

Badan Perencanaan Daerah Maluku (BAPPEDDA)  Provinsi Maluku Senin (18/03/2019) menggelar kampanye penyadaran publik Food Management In Selected River Basins (FMSRB) Program ini dilatarbelakangi karena adanya bencana banjir yang sering terjadi , yang tidak hanya merusak wilayah pemukiman dan lahan pertanian tetapi juga merusak perekonmian di daerah yang kena dampak ,  demikian Sambutan Sekda Maluku Hamin Nin Thahir  yang juga Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Maluku  pada pembukaan acara Kampanye Public FMSRB yang berlangsung  d Hotel Amaris Kawasan Urimesing Ambon- Maluku   . 

Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka pengurangan resiko banjir berbasis masyarakat menjadi salah satu pendekatan yang dianggap  paling tepat untuk dilaksanakan,  Hal ini penting,  karena masyarakat adalah bagian yang paling rentan ketika terjadi banjir,  sehingga sebagain besar perhatian tertuju untuk masyarakat. karena itu sasaran utama kampanye ini  adalah masyarakat

Pelibatan masyarakat dimaksud agar ketika akan terjadi bencana masyarakat sudah dapat mengerti langkah-langkah mengindari bencana itu, demikian Hamin. Perlu disampaikan bahwa kebijakan pengelolaan sumber daya air, sebagaimana tertuang dalam agenda prioritas ketujuh RPJMN 2015-2019 yaitu , mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik , dengan arah peningkatan ketangguhan masyarakat dalam menanggulangi resiko daya rusak air termasuk perubahan iklim.

Seanjutnya dikatakan, arah kebjakan tersebut diatas diarahkan dalam upaya mengembangkan kesiapsediaan masyarakat terhadap bencana dan kemampuan prediksi terhadap peningkatan aliran sungai serta dampak yang ditimbulkannya.

Pada akhir sambutannya Sekda mengatakan,kampanye penyadaran publik sebagai salah satu komponen kegiatan program FMSRB dapat berfungsi dalam upaya penyebarluasan yang terkait dengan kebijakan tentang daerah aliran sungai serta pengelolaannya. .(D-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *