Akal – Akalan Dana Desa Amahusu (1)

Agus Lekawael, Pengurus Kelompok Pemerhati Kegiatan Sosial kemasyarakatan dan Transparansi Negeri Amahusu .

Pejabat Tidak Transparan,   Penggunaan Dana Tidak Sesuai  Peruntukannya

Ambon-Demokrasi Maluku. Karena  tidak ada  keterbukaan   mengenai  besaran dana dan  peruntukannya,  maka  Penjabat  Raja Negeri  Amahusu,  Hanock. Tomasila diduga menyelewengkan  Dana  Desa  Tahun  2016. hal ini disampaikan  oleh Agus. Lekawael  salah  satu  pengurus   dari Kelompok Pemerhati Kegiatan  Sosial Kemasyarakatan dan Transparansi Negeri Amahusu .

Menurut  Lekawael dari diluncurkannya  dana tersebut, hingga  saat ini  tidak pernah  masyarakat dilibatkan  baik pelaporan masuknya dana tersebut   maupun  rencana   kegiatan ,maupun skala  prioritas  dalam pengguan dana  untuk program  di  Negeri  yang berada di Kecamatan Nusaniwe tersebut.

Rumah Belang , tempat penambatan perahu yang tidak rampung

“Semua yang di laksanakan oleh pejabat  tanpa  meminta persetujuan  masyarakat” cetusnya

Lekawael yang ditemui  ,  Sabtu (6/5) menyatakan, semua kegiatan pembangunan di desa yang menggunakan  dana ADD tersebut  ditangani  langsung  oleh Kepala  Urusan (Kaur) di Desa  itu yang   seakan-akan  Mereka   itu  Pimpinan Proyek (Pimpro).

Karena  persoalan itulah,  maka  Kelompok Pemerhati Kegiatan  Sosial Kemasyarakatan dan Transparansi Negeri Amahusu  menyurat kepada  penjabat Raja Negeri Amahusu  dengan tembusan  kepada   Penjabat Wallikota  Ambon , Camat  Nusaniwe dan Kapolsek  Nusaniwe  sebanyak dua kali  tetapi hasil dari pertemuan tersebut tidak ditindak lanjuti.

Diungkapkan oleh Lekawael,semua pekerjaan  fisik yang dilakukan  oleh Pejabat Negeri itu berpotensi masalah  pasalnya selain  pengerjaanya tidak  rampung , juga tidak sesuai dengan   peruntukannya   disinyalir  karena  program  ini  tidak melibatkan  masyarakat.

“Selain itu, dalam pengerjaan  proyek fisik  di  salah satu desa adat di  kota  Ambon  ini  Saniri Negeri juga tidak dilibatkan sama sekali “ beber  pria yang biasanya disapa Agus  itu .(D-3)

( Bersambung ……)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *