Transaksi Non Tunai Upaya Pencegahan Korupsi

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Transaksi non tunai merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya korupsi di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), karena transaksi non tunai tak melewati mekanisme yang panjang dan tak lagi menemui sejumlah orang, semua urusan terkait keuangan dilakukan langsung lewat sistim dan layanan pemerintah yang tersedia.
“ Jadi menurut penilain pemeritah pusat, dengan transaksi non tunai akan mencegah timbulnya koruspsi, “demikian Kepala Dinas PPKAD Provinsi Maluku Lutfi Rumbia kepada sejumlah wartawan usai acara sosialisasi transaksi non tunai dan sosialisasi Peraturan pemerintah NO. 12 tahun 2019 juga launching SP2D online, di Santika Hotel Kawasan Tantui Ambon Kamis (11/07/2019),

Menurut dia, untuk provinsi Maluku transaksi non tunai sudah dilakukan 2 (dua) tahun lalu, mengawalinya dengan pembayaran gaji ASN, kemudian pembayaran pada pihak ketiga (pengusaha) sementara 11 kabupaten/kota ada beberapa yang sudah memulai tapi sebagian besar belum memulainnya, karena itu hari ini di sosiaisasikan dan didorong agar secepatnya transaksi keuangan non tunai dilaksanakan.

“Kalau tak memulai lalu kapan lagi akan diberlakukan, “demikian Rumbia.
Selain sosialisasi pemberlakuan transaksi non tunai juga dilakukan sosialisasi Peraturan pemerintah No 12 tahun 2019 tentang penyusunan APBD, demikian Lutfi. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *