TPS 33 Kelurahan Benteng Prabowo Jauh Ditinggal Jokowi

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Pemilihan Presiden dan Pemilihan Anggota legislatif  DPR – RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di TPS 33 kelurahan Benteng Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon berjalan lancar dan aman.  Sebelum pukul  07.00 WIT  Rabu (17/04/2019)  masyarakat telah berkumpul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memberikan hak suaranya. 

Pantauan Berita Demokrasi Maluku.com  terlihat masyarakat begitu antusias   memberikan hak pilihnya, bahkan sangat antusia untuk mendengar hasil Pilpres di TPS tersebut, walaupun perhitungan suara  berakhir tengah malam , namun sejumlah masyarakat dan  saksi-saksi partai  dan saksi Pilpres masih   bertahan hingga perhitungan berakhir pada tingkatan   DPRD  Kota Ambon.

Perhitungan diawali dengan Pemilihan Presiden RI (Pilpres)  dimana Pasangan Calon (Paslon) dengan nomor urut 01 Ir. Joko Widodo – Drs. Maaruf Amin jauh meninggalkan rivalnya dengan perolehan suara 213, Sementara Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga. S.  Uno memperoleh 14 suara  suara dengan tidak sah sebanyak 1 suara dari 221 orang yang memilih dengan undangan dan 7 (tujuh) warga yang memilih dengan KTP.

DPD RI  Sambuaga Pemenang-Temmar Runner Up

Sementara untuk DPD RI dimenangkan oleh Edy Sambuaga dengan perolehan suara sebanyak 52 suara sedangkan posisi runner up  adalah Drs. Bitzael Silvester Temmar dengan perolehan suara sebesar 43 suara, posisi ketga Novta Anakotta dengan perolehan suara sebanyak 36, posisi keempat  Johusuwa Max. Joltuwu dengan perolehan suara sebanyak 28, posisi kelima caleg atas nama  Hermanus  Hattu dengan perolehan suara sebanyak 17 suara, posisi keenam caleg atas nama Jhon Pieries dengan perolehan suara 9 (sembilan), ditempat ketujuh ada 4 (empat)   kandidat yakni Engelina Pattiasina,  Nono Sampono,  Antoni Hatane dan Fredy Latumahina dengan perolehan suara sebanyak 6 (enam) suara,  pasangan calon lainnya  ada yang memperoleh 5 (lima)  suara, 2 (dua) dan 1 (satu) suara. Sedangkan jumlah suara tidak sah sebanyak 5 (lima) suara.

 

DPR RI   Melky Frans Memimpin Diikuti Hendrik Lewerisa & Mersy Barends

Untuk DPR RI perolehan suara terbanyak diperoleh Ir. Melkias Frans dari Partai Demokrast dengan perolehan suara sebanyak 118 diikuti oleh Hendrik Lewerisa,SH.L.LM dari partai Gerindra dengan perolehan suara sebanyak 27 , tempat ketiga  Mersy CH. Barends PDI-Perjuangan  dengan perolehan suara sebanyak 17 suara, Victor Loupatty Partai Nasdem sebanyak 7 (tujuh) suara, Marcus Pentury partai  Demokrast sebanyak 5 (lima) suara, Savitri Malik  PDI-Perjuangan dan Daniel Palapia (Partai Berkarya  masing-masing 4 (empat) suara, Maryam Solissa PDI-Perjuangan 3 (tiga) suara dan calon lainnya ada yang memperoleh 2 (dua) dan 1 (satu)  suara.

Sementara DPRD Provinsi Maluku posisi pertama pasangan dengan nomor urut 4 (empat) dari Partai Solidaritas Indonesia  (PSI)  Ir. Felix Christianto 24 suara , diikuti oleh rekan  se partainya nomor urut 1 (satu) Ronal Adrian Kneefel  dengan suara sebanyak 23 , Simon Petrus Nanulaita PKP  Indonesia 22 Suara, R. Eliza Manuhutu partai Golkar 20 suara, tempat kelima, Ricky. Lewaharilla dengan 11 suara, keenam Drs. Lucky Wattimury PDI-Perjuangan  dengan 10 suara dan Martje Kembauw  10 suara, ketujuh   2   (dua) caleg masing-masing Richrad Rahakbauw dan Elviana Pattiasina dari partai Golkar dan Demokrat masing-masing 9 (sembilan) suara, caleg lainnnya memperoleh 5,4,3,2 sampai dengan satu suara.

Sementara DPRD Kota Ambon urutan pertama diperoleh Dina Baker,SE dari partai Demokrat sebanyak 60 suara,  diikuti Marthin Sapulette Partai Hanura  sebanyak 48 suara, tempat ketiga Jeremina Ruhulessin 16 suara, partai Berkarya,  J.M. Ingtaubun Partai Perindo 11 suara, diikuti A.S. Tuhumury dari Partai Nasdem sebanyak 9 (sembilan)  suara. Randy Nanulaita Partai Nasdem  8 (delapan) suara, posisi berikut Gerald. Mailoa, James.R. Maatita, dari PDI-Perjuangan masing-masing 5 (lima) suara,  Ayub Leasa partai HANURA 5 (lima) , Risna Risakotta Partai Demokrat masing-masing 5 (lima) suara. Caleg lainnya memperoleh 4,3.2.1 bahkan ada yang tak memperoleh suara sama sekali pada semua tingkatan caleg juga DPD. (D-02)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *