Tanpa Test Suat Dilantik Sebagai  Kepsek  SMP N 2  Ambon

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Wawali :  BKD tak Mungkin Beri data Salah

Bertempat di SMP N 2 Ambon  Selasa (6/8/2018) 21 Kepala Sekolah (Kepsek)  Sekolah Dasar (SD)  dan 8 (delapan) Kepsek SMP  dilingkup pemerintah Kota Ambon dilantik,  termasuk  Abdul Gani Suat Kepala Sekolah SMP Al-Hilal Ambon menggantikan  La Siteny, Spd yang telah memasuki  usia pensiun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Berita Demokrasi Maluku. Abdul Gani Suat belum pernah mengikuti test ataupun belum lolos test uji kompotensi sebagaimana yang diisyaratkan dalam peraturan walikota Ambon, maupun yang  terbaca  dalam SK Walikota nomor 335 tanggal 6 (enam) Agustus tahun 2018.  tentang pengangkatan dan pemberhentian seorang PNS dilingkup pemerintah Kota Ambon,  bahwa untuk menjadi seorang kepala sekolah,  adalah guru yang  berdasarkan  kepangkatannya telah lolos test kepala sekolah.

Ketika hal ini ditanyakan kepada Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler,  mengakui  tak mengetahui bahwa ada kepala sekolah yang dilantik, tanpa    lolos test kompotensi. “Yach saya tak mengetahuinya”. “Tak mungkin BKD memberi data yang salah”, demikian Hadler.

Ketika dtanya lagi ,  apabila dikemudian hari terbukti ada kepala sekolah yang tak lolos uji kompotensi ataupun belum sama sekali mengikuti uji kompotensi.

Wawali katakan, yach akan ada tinjuan kembali terkait masalah ini, yang pasti syarat itu harus dipenuhi, karena itu aturan yang mesti ditaati. demikian Hadler.

Pada kesempatan yang sama Kepala BKD Pemerintah Kota Ambon Drs. B. Selanno mengemukakan, kita jangan hanya  berpatokan pada bunyi SK ataupun peraturan walikota saja,  tapi harus dilihat juga aturan lain, yakni boleh saja ketika sudah menjabat  baru  Kepsek itu diikutkan dalam test uji kompotensi lagi pula Pa  Suat sudah menjabat kepala sekolah Al-Hilal cukup lama, demikian  Selanno.

Yang menarik justru ada 7 ( tujuh) orang guru  pada SMP N 2 yang telah lolos uji kompotensi, dimana   2 ( dua)  orang dari mereka,   direkomendasikan oleh mantan Kepsek SMP 2  Ambon La Siteny untuk menjadi Kepala Sekolah di SMP yang menyandang predikat  A Plus tersebut.

Penelusuran Berita Demokrasi memperlihatkan ada kecemasan dari sejumlah guru di SMP N 2 Ambon terkait kinerja Abdul Gani Suat,  karena Suat pernah menjadi guru di SMP N 2 Ambon, dimana sepak terjangnya sebagai guru di lembaga itu telah diketahui oleh para guru  yang lain. (D-02)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *