SKK-MIGAS & KKKS Gelar Kuliah Umum di Unpatti

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK-MIGAS) bersama Kontrakrtor Kontrak Kerjasama (KKKS) Kamis  (24/5/2018) menggelar kuliah umum di Kampus Unpatti Poka Ambon, berlangsung di lantai-2  Ruang Rektorat Unpatti.

Kepala SKK Migas Perwakilan Pamalu DR A. Rinto Pudyantoro MM CA.AK, mengatakan kegiatan kuliah umum ini merupakan awal dari program Hulu Migas mengajar yang digagas SKK Migas Perwakilan Pamalu. Melalui kegiatan Hulu Migas Mengajar, pekerja hulu migas dari berbagai disiplin ilmu akan hadir di kelas-kelas perkuliahan di Unpatti.

Pada kesepatan itu , Wakil Rektor Unpatti Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, DR Muspida M.S, mengatakan Unpatti sendiri sudah mulai menggagas upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia terkait perminyakan. Mulai tahun 2017, Unpatti sudah membuka Jurusan Teknik Geologi.

“Total mahasiswa yang kuliah di jurusan tersebut adalah 15 orang dan semuanya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah,” terang Muspida.

Muspida menambahkan, dalam penerimaan mahasiswa tahun 2018 ini, selain Jurusan Teknik Geologi, Unpatti akan menerima mahasiswa Jurusan Teknik Geofisika dan Jurusan Teknik Perminyakan.

“Harapannya tahun 2019 kita sudah membuka Fakultas Energi dan Perminyakan,”pungkasnya.

4 (empat) orang pemateri dari 4 (empat) perusahaan KKKS yakni  : Equinor, INPEX , Citic Seram, BP-Tangguh. Materi yang dibawakan terkait dengan begaimana kerja perusahaan mereka di Indonesia termasuk sejarah  beroperasinyaa  di Indonesia.

INPEX  menandatangi kotrak pada tahun 1998 untuk ekspolrasi di Indonesia Timur dan pada tahun 2011 menemukan Gas di Blok Masela di Maluku  Tenggara Barat (MTB).

Saat ini telah memasuki tahap Ekspoitasi dimana pada bulan April 2018 telah melakukan survey guna penentuan pembangunan kilang dan saran-prasarana pendukung lainnya. Rencana berproduksi pada tahun 2017.

Citic Seram merupakan perusahaan minyak yang saat ini beruperasi di Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Equnior  kantor pusat di Jakarta, saat ini sementara melakukan eksplorasi di Indonesia Timur sedangkan BP-Tanggguh  merupakan perusahaan gas yang saat ini  berproduksi di Teluk Bintuni Papua .

Kuliah umun dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Pattimura Ambon. (D-02)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *