Singgahi Ambon, KNPI Apresiasi Kirab Pemuda 2018

Ambon-Berita Demokrasi Maluku.Dipilihnya Kota Ambon sebagai salah satu kota yang disingahi Peserta Kirab Pemuda 2018, mendapat Apresiasi dari Keua KNPI Kota Ambon,Ahmad Ilham Sipahutar pasalnya menurut Ilham pemilihan Kota Ambon sangat strategis bagi masa depan, mengingat lewat kegiatan ini terbangun rasa persatuan dan patriotisme Pemuda yang diselaraskan dengan Bhineka Tunggal Ika, mempromosikan kreafivitas sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan potensi pemuda yang ada, dan terus mendorong optimalisasi potensi daerah melalui pemberian peran pemuda yang maksimal.

Sipahutar yang ditemui di Mekar Cafe, Selasa,(18/9)menambahkan, Kirab Pemuda 2018 sangat penting ditengah-tengah munculnya ancaman dan paham yang terus-menerus memecah belah kesatuan bangsa, selain itu juga munculnya konsultan Politik dan pelaku Demokrasi yang mengambil keuntungan dengan menggoreng isu-isu yang menjurus kepada SARA.

Sebelumnya pada Kamis lalu, (13/9) Peserta Kirab Pemuda tiba di Bandara Pattimura, disambut oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, beserta jajaran pimpinan Pemkot Ambon, Kadis Dikpora Maluku, Semmy Huwae, dimana ada 50 Peserta rombongan Kirab Pemuda Zona II, yang dipimpin oleh Perwakilan Deputi Pemuda, Kemenpora RI, Johnny Sihite.

Para Peserta Kirab Pemuda berada di Kota Ambon sampai Senin, 17 September 2018 dengan menjalani sejumlah kegiatan, diantaranya Jalan Santai, Bakti Sosial, Deklarasi Pemuda, Pentas Seni, Pawai Budaya Pemuda, Kunjungan ke Museum Siwalima, Seminar Anti Narkoba & Radikalisme, Lomba Pidato, Olahraga, Wisata Sosial dan Gala Dinner.

Kota Ambon menjadi kota ketiga yang disinggahi rombongan Kirab Pemuda, setelah Jayapura dan Manokwari , selanjutnya kunjungan berlanjut ke Kota Ternate

“Kita berharap Peserta Kirab Pemuda yang dari 34 Provinsi ini selama di Kota Ambon, mampu menjadi duta yang akan mengampanyekan 4 Pilar Kebangsaan, perang melawan narkoba, korupsi, radikalisme, terorisme dan bahkan perlindungan bagi kaum perempuan dan lingkungan Kita” ungkap Ilham.

Menurut Ilham, para Pemuda akan menjadi harapan Bangsa kelak, yang akan terus membumikan Pancasila, bukan hanya sekedar diucapkan, tapi mempunyai komitmen dan konsistensi untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Seperti diketahui, Kirab Pemuda Adalah pawai (perjalanan napak tilas) Kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun (Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan), dengan melintasi seluruh Provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan (unforgettable/ memorable), sehingga diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI, tambahnya.(D-2)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *