Sidang Pleno Wilayah Keuskupan Amboina Dihadiri 100 Peserta Dari 5 Kabupaten

Piru-Berita Demokrasi Maluku

Sinode Keuskupan Amboina wilayah Seram dan Buru akan menggelar sidang pleno wilayah yang bertujuan untuk pengambilan data dan perencanaan program kedepan untuk menentukan arah visi dan misi Keuskupan Amboina yang akan digelar di gedung Gereja Katholik, Piru, pada Sabtu (6/7) hingga Minggu (7/7/2019).

Wakil uskup wilayah Seram Dan Buru, Pastor Gories Matli saat ditemui di sela-sela persiapan kegiatan, pada Jumat(5/7/2019) menjelaskan, Kegiatan sinode Keuskupan Amboina yang dilakukan di wilayah Seram dan Buru ada lima tahapan yakni sidang pertama persiapan fasilitator untuk pengambilan data, kedua katekise dan pengambilan data, ketiga Fokus Grup Discusion (FGD), yang ke empat sidang Pleno wilayah untuk pengambilan data dan perencanaan program.

Matli menandaskan, perencanaan program dimulai dari basis umat, kemudian ditetapkan visi dan misi Keuskupan Amboina sekaligus langkah-langkah personal yang diambil untuk jangka waktu sepuluh Tahun mendatang.

“Untuk pembahasan program besok, akan ditentukan oleh tim analitis dari Keuskupan Amboina, sesuai data yang diambil” cetusnya.

Ia mengungkapkan selama ini materi Katekese, diambil berdasarkan lima tugas Gereja, harta benda Gereja, Keluarga,Pendidikan, Kesehatan, kelima Tugas Gereja yakni, Koinonia, Liturgia, Marturia, Keritma dan Diakonia.

Disingung mengenai jumlah peserta yang akan hadir,Matli merincikan peserta yang akan mengikuti sidang Pleno perencana program sekitar 100 peserta yang berasal dari 7 Paroki dan 5 Kabupaten yakni, Kabupaten SBB, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru dan Buru Selatan.

Diakhir Wawancara Matly mengharapkan, Kegiatan ini bisa menghasilkan visi dan misi sesuai dengan realitas keadaan umat dan Masyarakat di Pulau Seram dan Buru.(Nicko Kastanja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *