Presiden RI Bagikan 4.500 Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Maluku

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Presiden RI Ir. Joko Widodo Rabu (14/2/2017)  membagikan 4.500 sertifikat tanah untuk rakyat di provinsi Maluku khususnya Kota Ambon dan Maluku Tengah. Penyerahan secara simbolis diberikan kepada 12 orang perwakilan berlangsung di desa Hattu kabupaten Maluku  Tengah.

Selain perwakilan yang naik ke atas panggung hadir pula seluruh penerima sertifikat, dengan membawa sertifikat masing-masing.

Dalam sambutannya presiden RI mengatakan, “program ini saya laksanakan karena setiap saya turun ke daerah-daerah baik di Maluku, Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi selalu saya temui perdebatan terkait sengketa tanah, karena itu saya perintah menteri untuk membuat sertifikat bagi rakyat, agar tak terjadi konflik terkait tanah”.

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelum-nya pemerintah RI mengeluarkan sertifikat setiap tahunnya 500 ribu sertifikat  , sementara seluruh rakyat Indonesia membutuhkan 50 juta sertifikat itu berarti butuh 150 tahun untuk seluruh masyarakat Indonesia memiliki sertifikat.

Saya telah memerintahkan menteri untuk mengeluarkan sertifikat per tahun nya sebanyak;  tahun 2017 5 juta, 2018 7 juta dan 2019  9 juta, untuk Maluku tahun ini 44.500 tahun 2019  50.000 sertifikat

Presiden  mengingatkan  penerima sertifikat untuk dapat mempergunakan sertifkat  dengan sebaik-baikanya kalau mau dipakai sebagai agunan di bank , tolong hitung dengan benar, agar jangan  sertifikat hilang karena disita oleh bank akibat  tak mampu membayar kredit, pergunakan uang yang dipinjam untuk usaha produktif, jangan membeli barang-barang komsumtif. Pergunakan tabungan untuk membelanjakan barang-barang  konsumtif, demikian Joko Widodo.

Presiden didampingi menteri pertanahan Sofyan Jalil dan menteri terkait termasuk gubernur Maluku Ir, Said Assagaf.

Hadir dalam acara tersebut Wagub dan Wagub Maluku, Walikota Ambon, Bupati Maluku Tengah serta tamu undangan lainnya.

Ketika memberi sambutan presiden melihat banyak masyarakat serta siswa-siswi SD  yang menonton acara di kiri kanan tenda, presiden dengan ciri khan dan kesederhanaanya meminta masyarakat untuk mendekat ke panggung, anak-anak sekolah di suruh masuk ke tenda, tepatnya tempat MC berdiri. Ayo mendekat, masyarakat khan ingin melihat saya dan saya juga ingin melihat mereka. Spontan masyarakat dan ank sekolah masuk mendekat. Awalnya ketika memasuki tempat acara  presiden berjabat tangan dengan masyarakat sebelum duduk ditempat yang telah disediakan.

Usai penyerahan sertifikat Presiden yang didampingi Ny, Iriana Joko Widodo menuju bandara Pattimura dan kembali ke Jakarta dengan pesawat kepresidenan. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *