Pemuda Maluku Diajak Perkuat Sejarah Perjuangan Bangsa

 

Pemuda Maluku Diajak Perkuat Pemahaman Sejarah Perjuangan Bangsa
Ambon – Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail mengajak seluruh komponen masyarakat Maluku, terutama untuk terus meningkatkan pemahaman tentang perjuangan bangsa. “Salah satu tantangan terbesar dalam kehidupan dan kehidupan masyarakat modern di Indonesia saat ini adalah mudharatnya nilai-nilai solidaritas sosial dan menguatnya nilai-nilai individu serta nilai-nilai kebenaran atau pragmatisme,” kata Gubernur dalam kenyamanan saat bersilaturhami dengan para Veteran, Warakauri dan Purnawirawan di Kantor Gubernur Maluku, usai kepemimpinan upacara HUT Proklamasi Kemerdekan RI, Sabtu (17/8/2019).

IMG-20190819-WA0031

Menurut Gubernur, fenomena ini, tidak hanya terjadi di masyarakat perkotaan tetapi juga mulai merambah hingga masyarakat pedesaan secara perlahan-lahan.
“Ini yang menyebabkan perubahan tatanan nilai masyarakat seperti nilai-nilai kesopanan, tenggang rasa, terima kasih dan kebersamaam baik di lingkungan keluarga maupun kelompok masyarakat,” ungkap gubernur.
Gubernur mangatakan, rasa simpati dan penghargaan yang tinggi atas pengorbanan yang diberikan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan adalah salah satu cara yang harus ditumbuhkan.

Untuk itu, kata Gubernur penumbuhkan kembali komitmen perjuangan dengan persatuan dan ikatan bangsa sebagai pilar utama dalam menopang proses penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, harus tetap didukung.

IMG-20190819-WA0028

Dalam momentum, HUT Proklamasi RI yang ke-74 dan menyongsong HUT Provinsi Maluku ke-74, pada 19 Agustus, meminta agar seluruh komponen masyarakat dapat menumbuhkan dan menguatkan kembali nilai-nilai soliditas kebangsaan yang menjadi kekuatan para pejuang Negara Kesatuan RI.
Momentum ini, kata Gubernur, juga merupakan silaturahmi, sekaligus mempertemukan para pahlawan, pejuang bangsa, sehingga dapat berjumpa satu dengan yang lain, bernostalgia dengan kekeluargaan dengan rekan-rekan seperjuangan dulu

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh masyarakat Maluku, menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada para pahlawan, pejuang, pejuang janda dan keluarga pejuang atas jasa-jasa serta pengorbanan yang dilakukan,” tandas Gubernur.
Hadir dalam silaturahmi Pemerintah Provinsi Maluku dan Veteran, Warakauri dan Purnawirawan menghubungi, Mantan Gubernur Maluku, Karel A. Ralahalu, Mantan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua dan Forkopimda Maluku. Gubernur Maluku juga berkesempatan mengundang santunan untuk veteran dan warakauri serta purnawirawan yang hadir.

IMG-20190819-WA0029
Pimpin Upacara HUT Proklamisi RI ke-74
Sebelumnya, Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail untuk pertama kalinya bertindak selaku inspektur upacara protes HUT Proklamasi Kemerdekan RI ke-74.
Upacara HUT Proklamsi RI berlangsung di lapangan Merdeka, Ambon itu, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku. Antaranya, Pangdam XVI.Pimimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai pukul 10.00 WIT. Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI / Polri, pelajar dan pelajar di Kota Ambon. Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Huwae.
Dari pantauan di lokasi upcara, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku berhasil memukau masyarakat dan para undangan yang hadir berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih. Pembawa baki Bendera Merah Putih, Pita Huwae merupakan siswi SMA Negeri Siwalima Ambon (humasmaluku)