Pelantikan Gubernur Maluku Tunggu Kebijakan Pemerintah Pusat

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Masyarakat Maluku sepertinya harus bersabar,  menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait waktu  pelantikan  gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih periode 2019-2024, Irjen Pol Drs.Murad Ismail dan Drs, Barnabas Orno.

 Hal ini disebabkan,   surat penugasan  kepada Sekertaris Daerah Maluku dalam  mengisi  kekosongan jabatan,  akibat berakhirnya masa  jabatan Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf dan wakil gubernur Maluku Dr. Zeth Zahaburua ,SH,MH,  pada tanggal 10 Maret  2019, tertulis jelas  Sekda menjalankan pemerintahan,    sampai dengan adanya kebijakan pemerintah pusat, demikian Kabag Humas Setda Provinsi Maluku Bobby Palapia ketika membacakan  surat penugasan  Sekda Maluku sebagai Pelaksana Harian (PLH),   kepada sejumlah wartawan Senin (18/03/2019) di Lantai II Kantor Gubernur Maluku.

Adapun surat yang ditandatangani Mendagri pada tanggal 08 Maret 2019  tersebut,   didasarkan pada Keputusan Presiden  (Keppres)  Nomor 13/P/II tertanggal 23 Februari  tahun 2016.

“Jadi seperti itu isi surat penugasan kepada Sekda, kami berharap pelantikan dilakukan tepat waktu  sesuai  akhir masa jabatan gubernur yang lama, agar pemerintahan dapat berjalan normal.  namun  kewenangan itu ada pada pemerintah pusat,  pemerintah daerah  melaksanakan  sesuai apa yang disampaikan,”demikian Palapia

Selanjutnya dia katakan,  semua  berkas administrasi   sudah diajukan sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku, penetapan KPUD, kemudian paripuran penetapan gubernur -wagub terpilih di DPRD Provinsi,  yang diteruskan dengan proses pengusulan SK kepada Kementrian dalam negeri , semua tahapan sudah dilakukan pemerintah Provinsi Maluku.

 

Masyarakat  Butuh Kepastian

Berbagai spekulasi  berkembang di masyarakat, ada yang mengatakan pelantikan dilakukan  usai Pemilihan Presiden,  ada yang mengatakan Juni 2019 bersamaan dengan pelantikan  gubernur Lampung  dan Maluku Utara .

Bahkan lewat Account Facebook, sejumlah  masyarakat  Maluku  bertanya-tanya tentang  kepastian jadwal   pelantikan gubernur Maluku,   bahkan beberapa  masyarakat  langsung menyatakan kekecewaannya kepada pemerintah pusat ,  dimana  mereka meminta adanya penjelasan komplit baik oleh  Mendagri ataupun  langsung oleh  Presiden RI Ir. Joko Widodo terkait  penundaan dimaksud. (D-02)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *