PD.Panca Karya Nyaris Pailit

Moenandar : Saya telah Laporkan ke Gubernur

Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya  beberapa waktu mendatang bakal mengalami kepailitan atau kebangkrutan, demikian Ketua Badan Pengawas PD. Panca Karya Drs, Roery Moenandar kepada sejumlah wartawan di kantor gubernur Maluku Rabu (24/1/2017).

Bagaimana tidak pailit 3 (tiga) tahun tak pernah ada laporan bdari Dirut  baik itu laporan operasional maupun keuangan PD, Panca Karya.

“Saat ini hutang Panca Karya ada dimana-mana, di Dok Waiyame 1,2 milyar lebih, belum lagi di pajak, di BPJS kesehatan dan yang lain lagi”.

“Saya telah menyurati Dirut berulang-ulang,  namun tak digubris. saya bahkan telah melapor ke gubernur Maluku sebagai pimpinan tertinggi perusahaan daerah namun tak juga digubris”.

Menurutnya, 5 (lima) kapal Ferry milik PD. Panca Karya hanya dua (2) yang beroperasi, itupun tak pernah dilaporkan pendapatannya seperti apa

Ketika ditanyakan  alasannya,  tak ada muatan padahal kenyataannya ada muatan yang di bawa ke Papua dari Seram Timur. “Saya mengetahui bagaimana permainan oknum-oknum di Panca Karya terkait kapa-kapal Fery  milik PD.Panca Karya, ”. katanya pula

“Saya pekan lalu ke KPK untuk melapor, dan telah diberikan  . prasyarat terkait laporan ke KPK. Dua minggu lalu saya akan balik ke

Jakarta dengan laporan tertulis untuk dimasukan ke KPK.

“Tadi saya ke Bareskrim untuk menemui pimpinan Bareksrim  namun mereka mengusulkan untuk ke Irwasda namun beliau sementara tak ada di tempat, “Saya akan terus memperjuangkan apa yang menjadi hak rakyat Maluku, Panca Karya ini perusahaan daerah yang wajib menyumbangkan PAD bagi daerah ini, guna menghidupkan rakyat di Maluku bukannya digunakan untuk kepentingan orang per orang, katanya pula.

Saat ini Panca Karya tak mampu membayar gaji karyawan, gaji  Direksi telah dipergunakan untuk membayar gaji karyawan.

Ketika Berita Demokrasi Maluku.com berupayamengkonfirmasi  Dirut Panca Karya Kamis  (25/1) pagi Dirut tak berada ditempat .oleh beberapa pegawai berhasil ditemui mengatakan, Dirut dating ke kantor paling cepat jam 1 siang  Wit , sementara Wagub yang ditugaskan gubernur untuk menangani masalah

Pd[Panca Karya kepada Berita Demokrasi mengemukakan, cek saja ke Kabag Humas karena saya telah memberi keterangan ke Kabag, demikian Zahaburua. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *