Wagub : Orang Maluku Harus Belajar Dari Karaka (Katang) Batak

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Pasar Murah Disperindag Maluku Bantu Masyarakat Ekonomi Lemah

Disperindag Provinsi Maluku  Selasa (30/04/2019 menggelar pasar murah  menyambut datangnya bulan suci Ramadhan Mei 2019.

Pasar Murah  dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nataniel Orno, berlangsung di halaman Kantor Disperindag Maluku Kompleks Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Wagub memulai sambutannya dengan menceritakan tentang filosofi karaka.

Dia mengatakan, apabila karaka Batak diletakkan di dalam sebuah wadah (ember), beberapa jam kemudian terlihat  semua karaka  sampai ke puncak wadah tersebut , berbeda dengan karaka Ambon – Maluku.

Karaka Ambon apabila  ditaruh di sebuah wadah,  beberapa jam kemudian,  tak  satu pun karaka itu muncul sampai ke puncak wadah, karena karaka  yang satu akang menarik karaka  yang lain, akhirnya semua karaka akan jatuh bersama-sama.

“Suatu filosofi yang harus menjadi perenungan bagi kita orang Maluku, sudah saatnya sifat saling menjatuhkan ditinggalkan, karena sifat tersebut akan merugikan kita bersama, ”  demikian Wagub

“Jangan berharap banyak kalau sifat seperti itu tetap ada,  tetap dipelihara. Nilai bargaining ,  posisi tawar orang Maluku akan sangat lemah, karena nilai kebersamaan  kita  sangat minim, “demikian Abas.

” Jadi mari  belajar dari karaka Batak, saling mendukung, saling mengendong, saling baku keku,  agar Maluku lebih maju dan sejahtera, demikian mantan bupati Maluku Barat Daya.

Selanjutnya Wagub katakan, pasar murah hari ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh pemerintah provinsi Maluku c/q Disperindag Maluku, dimana  tujuan utamanya,  membantu meringankan beban masyarakat ekonomi lemah dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, juga menjalin tali silaturahmi antar sesama anak negeri Maluku, demikian Abas.

Sementara Kadis Perindag Maluku Drs. Elvis Pattiselanno mengatakan, harga komoditi yang dijual di pasar murah,  ada yang dibawah  harga distributor dan ada pula yang  sama dengan harga distributor.  Sedangkan distributor yang berpartisipasi pada pasar murah kali ini berjumlah 9 (sembilan)  distributor.( Ritta.Lekatompessy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *