Panca Karya Tidak  PHK Karyawan

 Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya  tak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan namun melakukan pemberhentian sementara terhadap pegawai kontrak menunggu sampai dengan Kapal Feri PD. Panca Karya beroperasi lagi, demikian Dirut PD. Panca Karya Antonius Sihaloho kepada sejumalh wartawab di  lantai 2 (dua0 kantor guebrnur Maluku  Rabu (23/01/2019).

Menurut dia kontrak berlaku setahun, karena itu pada akhir tahun kontrak itu berakhir, harus ada penandatangan kontrak kerja baru antara peeusahaan dengan karyawan yang bersangkutan. Untuk bulan Januari ini ada 4 (empat) kapal yang docking), direncanakan selesai docking pada bulan Februari 2019.. Saat itulah dilakukan kontrak baru dengan karyawan.

Kalau kapal tak beroperasi gaji karyawan mau diambil dari mana, jadi ketika kapal mulai beroperasi lagi baru mereka kerja lagi, demikian Sihaloho.

Kebanyakan dari karyawan kontrak adalah ABK dan supir.

Panca Karya lebih mengutamakan biaya  operasional kapal dari pada membayar gaji, karena kalau kapal tak beroperasi maka, tadi saya bilang mau bayar gaji karyawan dengan apa.

Panca Karya punya 6 (enam) kapal. Saat ini 4 (empat) kapal dalam proses   lelang, 1 (satu) kapal beroperasi. Dan satu lagi Teluk Ambon lelangnya di Jakarta dan sudah selesai, sudah ada pemenang tendernya.(D-02)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *