Mailoa-Thenu Pimpin DPC PDI-Perjuangan Kota Ambon 2019-2024

Ambon, Berita Demokrasi Maluku
Konfrensi Cabang (Konfercab) 6 (enam) kabupaten/kota yang berlangsung serentak dengan Konfrensi Daerah (Konferda) Maluku (01/07 2019) menetapkan Gerald Mailoa, ST,MT dan Wenly Thenu, Spi sebagai Ketua dan Sekretaris DPC PDI-Perjuangan Kota Ambon periode 2019-2024 dan Ira Nikijuluw,ST sebagai bendahara.
Sekalipun ada nuansa ketidakpuasan dari sejumlah fungsionaris karena harapan mereka, calon yang mereka usung boleh terakomodir menjadi pimpinan DPC PDI-Perjuangan Kota Ambon, namun riak-riak ketidakpuasan itu akhirnya berhenti dengan sendirinya.
Pantauan Berita Demokrasi Maluku.com di arena Konfercab yang berlangsung di Baileo Siwalima Karang Panjang Ambon tersebut, nampak sejumlah fungsionaris DPC maupun PAC Kota Ambon melakukan interupsi, usai Hugo Andreas Pareira selaku fungsionaris DPP sekaligus sebagai Pimpinan sidang membacakan nama-nama Ketua, Sekretaris dan bendahara 6 (enam) kabupaten/kota sesuai SK DPP PDI-Perjuangan.
Semy Uneputty salah satu fungsionaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Sirimau.Kota Ambon memprotes SK DPP, karena menurut Semy seharusnya yang menjadi pimpinan DPC adalah orang-orang yang telah berproses menjadi pengurus secara berjenjang dari tingkat ranting, PAC sampai dengan DPC bahkan yang terjaring lewat rapat PAC.
Selain Semy beberapa Ketua PAC yakni Rido Pattiasina (Ketua PAC Nusaniwe), Dominggus Pattileuw (Ketua PAC Leitimur Selatan) dan beberapa lainnya, pun turut maju ke meja pimpinan memprotes keputusan DPP.
Selain mereka Lenda Sapulette salah seorang fungsionaris DPC PDI-Perjuangan Kota Ambon juga memprotes keputusan DPP, namun muatan protesnya di luar konteks karena Sapulette lebih banyak menyerang Ketua terpilih Gerald Mailoa terkait hasil pileg 2019, semacam dendam pribadi.

Lenda dengan teriakan-teriakan lewat mikrofon bahkan berjalan mengitari ruangan tempat berlangsungnya Konfercab/konferda, hingga membanting kursi didalam ruang sidang tapi tindakan Lenda Sapulette tak dihiraukan oleh peserta sidang. Kurang lebih 30 menit Sapulette dan rekan-rekan menghentikan aksi protes mereka.

Pimpinan sidang kemudian melanjutkan acara konfercab dengan agenda pembentukan dan pelantikan pelantikan penguruslengkap DPC PDI-Perjuangan 6 (enam) kab/kota masing : masing : Kota Ambon, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat. Seram Bagian Timur, Buru dan Buru Selatan, kemudian acara dilanjutkan dengan Konferda, hingga pukul 23. ..30 Wit.
Sidang ditutup oleh pimpinan sidang dan dilanjutkan dengan konfrensi pers dengan agenda pembacaan rekomendasi pencalonan Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan periode 2019-2024.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Berita Demokrasi Maluku.com, 5 (lima) nama yang diusulkan DPC Kota Ambon ke DPD PDI-Perjuangan Maluku, sesuai hasil penjaringan pada tingkat PAC Par adalah Lucky Nikijuluw, Jemmy Maatita, Yanes Riruma, Wenly Thenu, Jafry Taihuttu namun oleh DPD partai ditambah lagi satu nama yakni Gerald Mailoa, karena Mailoa dinilai punya kapasitas, integritas bahkan loyalitas serta punya kepedulian terhadap partai.

Selain itu Mailoa juga merupakan anggota Fraksi PDI-Perjuangan Kota Ambon periode 2014-2019 dan saat ini terpilih lagi sebagai anggota DPRD Kota Ambon dari Dapil Nusaniwe.
Sekalipun Mailoa belum pernah menjadi pengurus DPC Kota Ambon, namun Mailoa selama ini telah banyak berperan membantu partai sejak PDI kurus hingga PDI-Perjuangan. (D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *