Ekspor Komoditi Maluku dari Pelabuhan Luar Maluku Meningkat

Ambon, Berita Demokrasi Maluku

Ekspor komoditi Maluku dari luar Maluku untuk bulan September tahun 2017 mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya, demikian siaran pers Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku yang berlangsung (2/10/2017) bertempat di aula BPS Maluku Paso-Ambon.

Agustus  2017 ekspor Maluku yang dilakukan dari pelabuhan di luar Maluku sebesar U$$ 5,53 juta atau meningkat 112,58 persen dibanding Juli 2017.

Komoditi ikan dan udang merupakan komoditi penyumbang terbesar ekspor Maluku dari pelabuhan luar Maluku yakni U$$ 3, 71 juta dengan jenis komoditi ikan kerapu, ikan tuna, ikan cakalang, lobster hidup, ikan loin, udang tanpa kepala dan ekor. Selain itu kelompok kayu dengan produknya juga merupakan penyumbang bagi ekspor Maluku dari pelabuhan luar Maluku,  dengan nilai US$ 0,86 juta yakni blackboard, laminboard, battenboard serta kelompok perhiasan permata dengan nilai sebesar US$ 0,41 juta, yakni jenis mutiara alam.

Selain komoditi tersebut, rumput laut juga salah satu penyumbang dari pelabuhan di luar Maluku  dengan nilai sebesar US$ 0,12 juta. Sedangkan kelompok yang cukup stabil sebagai produk ekspor adalah kelompok lak, getah dan damar,

Pada periode Januari s/d Agustus 2017 ekspor komoditi asal Maluku yang diekspor dari pelabuhan luar Maluku adalah mencapai US4 32,15 juta atau meningkat 111,86 persen.(D-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *