Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pasca Pemilu di Ambon

Ambon, Berita Demokrasi Maluku
DEWAN pers RI Kamis (04/07/2019) menggelar Workshop peliputan pasca pemilu di Ambon Maluku berlangsung di Swissbeel Hotel. Sekalipun yang diinginkan dalam Workshoop tersebut adalah bagaimana meliput pasca pemilu.

Yakni penyajian berita harus sesuai dengan kaidah-kaidah pers, 5 W satu H, bagaimana menyajikan berita yang berimbang,>Check and ricek, cover bod side, harus memisahkan fakta dari opini, bagaimana media ketika berhubungan dengan masalah hukum namun yang mengemuka dalam acara tersebut lebih banyak mendiskusikan tentang verifikasi media.

Terkait verifikasi media masih ada kelonggaran yang diberikan oleh Dewan Pers namun yang pasti perusahaan media saat ini minimal harus lah berbadan hukum Perseroan Terbatas, demikian M.Agung Dharma Djaya Ketua Hukum Dewan Pers ketika membawakan materi Pers mengawal hasil pemilu

” yang terpenting adalah bagaimana berdiskusi agar ada jalan keluar ” Saya memberikan kessempatan kepada teman-teman untuk mengemukakan permasalahan yang dihadapi agar dapat dipecahkan bersama, “demikian Agung.

Agung berharap kondisi pasca pemilu yang sudah berangsur-angsur baik tetap terjaga, apalagi Maluku yang dikategorikan sebagai 4 (empat) daerah rawan konflik di Indonesia.

“Kami dewan pers mengapresiasi para jurnalis di Maluku, karena ternyata dari riset kecil yang dilakukan pada kurang lebih 400 berita dari berbagai media yang ditayangkan selama proses Pemilu oleh LBH Pers Maluku, ternyata sebagaian besar berita pileg dan Pilpres telah memenuhi kriteria dan etika pers”.

“Kami dewan pers berterima kasih karena rekan-rean pers di Maluku punya kepedulian dan kepekaan yang tinggi dalam menjaga netralitas dan pemilu damai, deikian Agung. (Ritta Lekatompessy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *